Manfaat Buah Bacang Untuk Kesehatan

Bacang adalah nama sejenis pohon buah yang masih sekerabat dengan mangga. Orang sering menyebut buahnya sebagai bacang, ambacang, embacang, mangga bacang, atau pakel. Juga dikenal dengan aneka nama daerah seperti limus, dibanjar disebut asam hambawang , macang atau machang  di Malaysia, maa chang, ma chae atau ma mut di Thailand, dan disebut la mot di Myanmar. Dalam bahasa Inggris disebut bachang atau horse mango, sementara untuk nama ilmiah dari buah bacang adalah Mangifera foetida Lour.

Berbeda dengan buah mangga, buah bacang belum mengalami proses seleksi yang jauh, sehingga lebih beragam dan kurang memiliki sifat-sifat yang disukai orang. Buah Bacang ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Borneo. Sejak dahulu, pohon ini telah dibudidayakan secara luas di wilayah tersebut, yang lalu menyebar pula ke daerah-daerah sekitarnya seperti ke wilayah Indocina dan Tenasserim selatan di Burma, dan ke Filipina. Di Jawa jenis ini juga telah ditanam lama, dan bahkan sebagiannya telah tumbuh secara liar.

Kandungan Vitamin didalam Buah Bacang :
(Food Weight) = 100 gr
  • (Bdd / Food Edible) = 65 %
  • Kalsium Buah Bacang = 21 mg
  • Fosfor Buah Bacang = 15 mg
  • Zat Besi Buah Bacang = 0 mg
  • Vitamin A Buah Bacang = 1218 IU
  • Vitamin B1 Buah Bacang = 0,03 mg
  • Vitamin C Buah Bacang = 56 mg
  • Energi Buah Bacang = 98 kkal
  • Protein Buah Bacang = 1,4 gr
  • Lemak Buah Bacang = 0,2 gr
  • Karbohidrat Buah Bacang = 25,4 gr
Manfaat Buah Bacang Untuk Kesehatan :
Untuk Diet
Buah bacang memiliki kandungan energi yang cukup banyak. Sehingga turut membantu asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Disamping itu buah ini sangat rendah lemak. Sehingga sangat cocok dijadikan sumber makanan untuk mendukung program diet.
 
Mengatasi Dehidrasi
Dehidarasi sangat lekat hubungannya dengan kekurangan air mineral di dalam tubuh. Kandungan yang kaya akan air pada buah bacang akan membantu mengatasi dan mencegah terjadinya dehidrasi. Buah bacang ini sangat cocok untuk di buat jus. Minuman jus bacang akan terasa segar dan memberikan kepuasaan melepas dahaga.

Memperlancar Peredaran Darah
Tahukah anda bahwa tubuh kita ini 55%-nya terdiri atas air?? Sedangkan darah dalam tubuh kita 82% terdiri dari air. Kita membutuhkan air yang cukup untuk membuat peredaran darah berjalan dengan lancar. Manfaat buah bacang yang di olah menjadi minuman akan membuat kandungan air nya akan tetap terjaga, sehingga membuat kebutuhan tubuh kita akan air tetap terpenuhi.
 
Meningkatkan Stamina Tubuh
Buah bacang memiliki asupan manfaat karbohidrat yang cukup tinggi, untuk menghasilkan energi. Ini akan membuat anda memiliki stamina tubuh yang cukup untuk menjalani aktivitas. Tentu perlu diimbangi dengan manfaat makanan sehat lainnya.
 
Menjaga Fungsi Otak
Kita tahu bahwa 70% otak kita terdiri dari air. Kebutuhan air di dalam otak cukup tinggi setiap harinya. Konsumsi buah bacang dapat memenuhi kebutuhan otak kita akan asupan manfaat air yang cukup. Sehingga akan menjaga fungsi otak, seperti menguatkan daya ingat dan konsentrasi saat melakukan aktivitas.
 
Penurun Demam
Daun Buah Bacang bisa digunakan sebagai obat penurun panas
 
Pencegah Kulit Kering
Buah Bacang  juga bermanfaat untuk mencegah kulit menjadi kering
 

Artikel Terkait

This Is The Newest Post