Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes dan Cara Membuat Ramuan Daun Sirsak Untuk Diabetes

Indonesia adalah salah satu negara yang banyak memiliki jenis-jenis tanaman yang  dapat dijadikan obat herbal. Banyak jenis obat herbal dari berbagai tumbuhan sudah terbukti mengobati berbagai jenis penyakit. Obat tradisional dari berbagai jenis tanaman ini bisa diramu sendiri atau bisa juga dikonsumsi ekstraknya karena lebih instan dan gampang. Salah satu jenis obat dari tanaman herbal yang cukup terkenal di Indonesia adalah obat herbal dari daun sirsak.

Khasiat akan daun sirsak ini sudah sangat terkenal di Indonesia untuk menyembuhkan beberapa jenis salah satunya diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis panyakit yang mampu diatasi dengan ramuan herbal dari daun sirsak ini.
Kenapa daun sirsak dapat mengobati penyakit diabetes melitus ataupun kencing manis ?
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Adeyemi (Ahli biokimia Organik Nigeria) membuktikan bahwa mencit yang mengalami diabetes berat (akibat suntikan streptozotocin / obat penyebab diabetes) setelah diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 100 mg/kg berat badan selama 2 minggu mengalami penurunan kadar gula dalam darah. Penurunan yang terjadi tidak main main, sebesar 400 persen penurunan. Yaitu dair 21.64 mmol/L ke 4.22 mmol /L. Selain menurunkan kadar gula darah, ekstrak daun sirsak juga menjadi antioksidan dan juga melindungi sel sel Beta pankreas (sel sel pada pankreas yang memproduksi insulin). Hal ini dibuktikan oleh peneliti di Kamerun. Terliaht bahwa ekstrak daun sirsak pada kadar 150 dan 300 mg/kg selama 14 hari terbukti menurunkan kadar gula darah serta meregenerasi (menyembuhkan) sel sel pankreas B. Itu artinya, ekstrak daun sirsak berpotensi dalam menyembukan penyakit diabetes tipe 1 dan juga tipe 2.
Cara membuat ramuan daun sirsak untuk diabetes :
  • Siapkan 20 lembar daun sirsak yang  tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda lalu cuci bersih.
  • Rebus air putih sampai mendidih sebanyak 5 gelas didalam teko ataupun panci
  • Selanjutnya ketika air telah mendidih, kecilkan api agar suhu air tidak terlalu tinggi, dan masukkan 20 lembar daun sirsak tersebut kedalam teko ataupun panci.
  • Masak selama 15 menit, selanjutnya rebusan daun sirsak siap untuk digunakan selama satu hari. 
  • Ulangi hingga  2 minggu lebih. Apabila terjadi penurunan pada kadar gula anda silahkan lanjutkan hingga kadar gula anda normal kembali (tidak lagi diabetes). 
  • Apabila anda ingin mengonsumsi terus, harap kurangi dosis daunnya menjadi 10 daun sirsak saja.
Semoga artikel tentang manfaat daun sirsak untuk diabetes ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait