Manfaat Daun Kersen Untuk Diabetes dan Cara Membuat Ramuan Daun Kersen Untuk Diabetes

Penyakit Diabetes adah penyakit yang bisa dikatakan belum bisa disembuhkan. Untuk itu yang dapat dilakukan adalah pengobatan untuk menjaga kadar gula darah dengan melakukan diet atau menjaga pola makan dan berolahraga yang teratur, serta menerapkan pola hidup sehat. Selain itu untuk menjaga kadar gula darah tetap normal bisa dibantu dengan mengkonsumsi obat dokter ataupun obat herbal . dan kebanyakan orang  lebih memilih menggunakan obat-obatan alami dari tanaman yang ada di sekitarnya karena lebih sedikit efek samping yang didapat dibanding dengan obat dokter.
Salah satu obat alami yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah obat atau ramuan yang terbuat dari daun kersen. Jika di sekitar rumah anda banyak terdapat pohon kersen atau talok maka anda juga dapat memanfaatkan daunnya untuk mengatasi diabetes dan menjaga kadar gula darah. Tanaman yang memiliki nama latin muntingia calabura ini memiliki buah berukuran kecil berwarna merah yang rasanya manis.
Selain buahnya yang manis dan dapat dikonsumsi daunnya juga dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai obat herbal. Manfaat daun kersen sangat baik bagi kesehatan karena dapat mengatasi beberapa jenis penyakit termasuk salah satunya diabetes. Manfaat daun kersen untuk diabetes diperoleh dari kandungan senyawa flavonoid dan saponinnya yang tinggi. Kedua senyawa ini tidak hanya memiliki manfaat antioksidan namun juga dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Kedua senyawa ini bermanfaat dalam membantu sekresi hormon insulin sehingga tubuh memiliki cukup insulin untuk mengontrol metabolisme gula dan kadar gula darah pun bisa terjaga.
Manfaat daun kersen untuk diabetes ini merupakan cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan. Daunnya tersedia dan mudah didapatkan serta mudah diramu menjadi obat. Meskipun demikian pengobatan diabetes tetap harus dibarengi dengan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi serat, tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan, dan rajin berolahraga. Dengan pola hidup seperti ini kadar gula darah anda akan terjaga dan anda dapat hidup dengan lebih berkualitas.

Cara membuat ramuan daun kersen untuk diabetes : 
  • Ambil 10 lembar daun kersen yang masih segar dan cuci bersih.
  • Rebus kedalam air 200 ml selama 15 menit hingga berwarna kuning. 
  • Untuk daun kersen yang sudah kering, dapat langsung diseduh hingga air berwarna kemerahan.
  • Minum ramuan daun kersen sehari sekali secara rutin hingga kadar gula darah menjadi normal kembali.
Semoga artikel ini bermanfaat,

Artikel Terkait