Manfaat ketan Hitam Untuk Diabetes dan Cara Membuat Ramuan Ketan Hitam Untuk Diabetes


Ketan Hitam adalah jenis ketan dari beras hitam, beras ketan hitam ternyata memiliki banyak  manfaat atau khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Berdasarkan literatur kesehatan menyatakan ternyata jenis beras ketan hitam merupakan jenis beras yang paling baik untuk dikonsumsi, karena berdasarkan penelitian medis menyatakan bahwa ketan hitam memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat atau khasiat dari beras ketan hitam diantaranya untuk mencegah berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem ketahanan tubuh, dan mengembalikan fungsi organ maupun metabolisma tubuh.

Manfaat ketan hitam untuk penderita diabetes
Karbohidrat mengandung kadar gula yang dibutuhkan sebagai sumber energi, seperti halnya nasi yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat  Indonesia, sedangkan untuk penderita diabetes, mengkonsumsi nasi sangat tidak dianjuarkan,  alasannya  karena penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi dan nasi mengandung glokosa yang dapat memicu naiknya kadar gula darah.
Para penderita diabetes harus bisa mencari solusi untuk asupan nutrisi dan energi yang cukup selain mengkonsumsi nasi. Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes dan merupakan sumber energi selain nasi, salah satunya adalah ketan hitam. Ketan hitam bisa menjadi pengganti nasi untuk penderita diabetes, karena manfaat  ketan hitam untuk penderita diabetes sendiri sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ketan hitam sendiri berasal dari beras ketan yang banyak dijumpai di beberapa pasar tradisional.
Dalam kebutuhan energi sehari-hari, penderita diabetes masih bisa mendapatkan energi yang cukup dari ketan hitam yang dikonsumsi, jadi penderita diabetes sudah tidak memerlukan nasi lagi sebagai makanan pokoknya. Manfaat ketan hitam untuk penderita diabetes ini adalah ketan hitam yang dikonsumsi oleh penderita diabetes, ternyata dapat menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes.
Seperti kita ketahui bersama, diabetes merupakan penyakit kelainan metabolisme glukosa yang membuat penderita menderita karena kelebihan kadar gula darah tinggi, kadar gula darah tinggi sangat berbahaya karena bisa merusak organ dalam tubuh. Kerusakan organ dalam tubuh yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi disebut dengan komplikasi diabetes, kerusakannya meliputi, kerusakan organ ginjal, kerusakan pada fungsi hati, terkena penyakit jantung, infeksi paru-paru, hipertensi, dan masih banyak lagi.
Maka cara yang bisa dilakukan agar tidak terjadi komplikasi penyakit diabetes adalah dengan menurunkan kadar gula darahnya, sebab dengan turunnya kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes, maka komplikasi diabetes yang berbahaya pun bisa dicegah. Tentunya sangat mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi ketan hitam sebagai makanan pokok, maka kadar gula darah tinggi yang anda alami akan turun dan anda pun terbebas dari komplikasi diabetes yang berbahaya.

Cara mengolah ketan hitam untuk menurunkan kadar gula darah
Mengkonsumsi ketan hitam sebagai makanan pokok setiap hari pun sudah bagus untuk penderita diabetes, tapi untuk lebih efektif, ada cara mengolahnya agar kadar gula darah cepat turun. Cara mengolahnya sangat mudah, berikut akan saya sajikan cara pengolahan ketan hitam untuk menurunkan kadar gula darah, yang diantaranya adalah :
  • Siapkan 3 sendok ketan hitam.
  • Masukkan ke dalam gelas 1 dengan ukuran 1 liter.
  • Seduh dengan air panas segelas penuh.
  • Tunggu sampai dingin.
  • Minum secara rutin sampai kadar gula darah turun ke batas kadar yang normal.
  • Segera berhenti mengkonsumsi ketan hitam apabila kadar gula darah sudah turun ke batas kadar yang normal.
Mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang baik bagi penderita diabetes memang agak sulit dilakukan. Karena mindset kita sejak dulu telah diajarkan bagaimana mengkonsumsi makanan yang wajib dimakan dan makanan yang hanya sebagai pelengkap saja. Seperti contohnya menggunakan nasi sebagai makanan utama, jika tidak ada nasi maka dianggap belum makan meski sudah banyak mencicipi banyak makanan. untuk itu ubahlah kebiasaan tersebut terutama bagi anda pengidap penyakit diabetes. Karena jika diabaikan, diabetes bisa melumpuhkan anda secara perlahan  merusak organ-organ penting didalamnya dan berujung pada kematian. Untuk itu, ikuti selalu petunjuk dokter dan banyak membaca artikel tentang kesehatan. Dan yang paling penting adalah mempraktekan pola hidup sehat dan selalu berdoa.

Artikel Terkait