Manfaat Gingseng Untuk Diabetes

Ginseng dalam bahasa Latin disebut Panax adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di wilayah Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", atau  duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia.

Ginseng biasa digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Akar dari tanaman gingseng dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Kandungan didalam Gingseng :
  • 29 jenis saponin ginseng & glikosida,
  • 16 jenis asam amino,
  • 9 jenis polisakarida,
  • 7 jenis vitamin,
  • Germanium organik,
  • Magnesium, Potassium dan unsur-unsur lain.
Kandungan Ginseng lainnya :
  • Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida. Akar ginseng juga mengandungi 16 jenis ginsenosida seperti minyak atsiri, panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, karbohirat dan selulosa.
  • Ginsengmengandung karbohidrat kompleks, antiinflamasi, antioksidan dan memiliki unsur-unsur antikanker.
  • Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif lain seperti, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin dan mineral.
  • Nutrien (Nutrien yang dikandung adalah kalsium, serat, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, silikon, zinc, vitamin Bi, B2, B3, B5 dan C).
Manfaat Ginseng untuk Diabetes
Ginseng selama ini lebih banyak dikenal berkhasiat bagi vitalitas pria. Akan tetapi, ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit diabetes. Peneliti beserta ahli herbal dari Kemenkes, dr. Jusuf Kristianto MM, MHA, MPH, PhD, mengatakan dari sejumlah penggalian data diseluruh dunia, ginseng bisa menolong penderita diabetes. 300 gr ginseng bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dan 9% diyakini bisa menurunkan kadar gula darah penderita diabetes setiap hari. Para ahli herbal di Amerika Serikat melakukan riset terhadap ginseng. Mereka menemukan kandungan ginsenosid yang bisa mereduksi sekaligus mencegah penyakit diabetes. Untuk pasien diabetes tipe 2, Anda boleh coba konsumsi jenis ginseng Amerika. Dosis yang dianjurkan yaitu 3 gr ginseng Amerika. Dikonsumsi 2 jam sebelum makan. Hal ini kemungkinan dapat menurunkan kadar gula darah Anda.
 


Artikel Terkait